Pengertian Dan Fungsi RAM (Random Access Memory)

2/23/2018
Mungkin anda betanya-tanya
Apa sih RAM itu ???
Seperti apa sih bentuk RAM ???
Dan apa gunanya ??? 
RAM (Random Access Memory :

     Random Access Memory atau sering disebut RAM  adalah sebuah peripheral/hardware yang berarti dapat kita lihat dan kita pegang. RAM berbentuk kepingan seperti gambar di atas, yang mempunyai ratusan pin pada bagian bawah, pin berbeda-beda banyaknya tergantung pada tipe RAM tersebut.

     RAM ini terletak di dalam komputer biasanya terdapat 2 slot RAM didalamnya, untuk laptop biasanya ada yang 2 dan juga ada yang hanya terdapat 1 slot saja. Tidak hanya pada komputer tetapi juga pada smartphone juga terdapat RAM juga (karena blog tentang komputer jadi rega22 tidak akan membahas yang smartphone).

Pengertian dan Fungsi RAM :

    RAM adalah perangkat hardware yang dapat membaca dan menyimpan data sementara secara acak dengan cepat  pada sebuah perangkat seperti komputer atau gadget. Seperti pada namanya RAM, berarti sebuah memory. Tidak seperti harddisk yang dapat menyimpan data banyak dalam jangka waktu panjang. RAM ini hanya dapat menyimpan data hanya sementara, seperti saat komputer dihidupkan maka pertama RAM inilah yang akan menyimpan datanya, lalu dilanjutkan oleh harddisk.

     Dapat dijelaskan secara umum bahwa saat kita membuka program maka terjadi pemindahan data dari harddisk menuju RAM, mengapa demikian? Karena data pada RAM lebih cepat dan lebih mudah diakses dibandingkan dengan data atau memori pada harddisk. Mengakses data dari RAM tidak memerlukan lag time atau waktu menunggu. Jadi jika pada komputer RAMnya semakin besar maka akan semakin cepat pula respon saat multiprosessing (membuka banyak program dalam serentak).

     RAM bisa juga dikatakan sebagai perangkat hardware yang sangat penting, karena tidak adanya RAM maka komputer tidak akan dapat menyala. Biasanya ukuran RAM standart yang biasa dipakai pada komputer atau laptop yang sekarang adalah 2gb, RAM ini bisa ditambah lagi sizenya dengan cara mengganti ukuran yang lebih besar atau menambahkan RAM lagi pada slot RAM yang satunya. Semakin besar ukuran RAM makan akan semakin cepat pula respon saat membuka program (merk dan tipe RAM juga berpengaruh).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »