Penjelasan Tentang Raspbarry PI

12/14/2017
RASPBARRY PI



1). Pengertian Raspbarry PI

     "Apa sih Raspbarry itu?" walaupun kita lihat dari namanya seperti buah atau makanan, tapi ini bukan yang seperti itu a sob. Langsung saja penjelasannya :

      Raspbarry PI adalah sebuah mini kit yang bisa dijadikan komputer mini seukuran kartu kerdit dengan berat hanya 45 gram saja. Komputer yang diberi nama Raspbarry PI ini berjalan dengan sistem operasi Linux. Komputer ini berkembang selama 6 tahun oleh lembaga non profit "Raspbarry PI Foundation", yang terdiri dari relawan dan akademis teknologi Inggris. Awalnya Raspbarri PI dibuat adalah untuk menyediakan komputer yang murah untuuk anak-anak sebagai media mereka untuk mempelajari bahasa pemrograman komputer. Raspbarry PI diluncurkan pertama kali pada tanggal 29 February 2012.
      Ide dibalik komputer mungil ini diawali dari keinginan untuk mencetak generasi baru programer, pada 2006 lalu. Seperti disebutkan dalam situs resmi Raspbarry PI Foundation, waktu itu Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang, dan Alan Mycoft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge memiliki kekhawatiran melihat kian turunnya keahlian dan jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer. Mereka lantas mendirikan Raspbarry PI, sering juga disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (Single Board Circuit/SBC). Raspbarry PI bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti spreadsheet, game, bahkan bisa digunakan sebagai media player karena kemampuannya dalam memutar video high definition. Raspbarry PI dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rapbarry PI Foundation yang digawangi sejumlah developer dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.
     Raspbarry PI memiliki dua model yaitu model A dan model B. Perbedaan model A dan model B terletak pada memory yang digunakannya. Model A menggunakan memory 256 MB sedangkan model B 512 MB. Selain itu model B juga sudah diengkapi dengan ethernet port (kartu jaringan) yang tidak terdapat di model A. Desain Raspbarry PI  didasarkan seputar SoC (System-on-a-chip) Broadcom BCM2835, yang telah menanamkan processor ARM1176JZF-S dengan 700 MHz, VideoCore IV GPU, dan 256 Megabyte RAM (model A). Penyimpanan data didisain tidak untuk menggunakan harddisk atau solit-state drive, melainkan mengandalkan kartu SD (SD memory card) untuk booting dan penyimpanan jangka panjang. Raspbarry PI merupakan komputer mini yang sangat murah, harga resmi untuk model A adalah US$ 25 atau sekitar Rp 250.000 dan model B adalah US$ 35 atau sekitar Rp 350.000 (belum termasuk impor dan pajak ke Indonesia) per unitnya.
     Hardware Raspbarry PI melalui saluran GPIO (General-purpose input/output) via antarmuka I²C (Inter-Integrated Circuit), tidak memiliki real-time clock, sehingga OS harus memanfaatkan timer jaringan server sebagai pengganti. Namun komputer yang mudah dikembangkan ini dapat ditambahkan dengan fungsi real-time (seperti DS1307) dan banyak lainnya.
     Raspbarry PI bersifat open source (berbasis linux), Raspbarry PI bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Sistem operasi utama Raspbarry PI menggunakan Debian GNU/Linux dan bahasa pemrograman Python. Salah satu pengembang OS untuk Raspbarry PI telah meluncurkan sistem operasi yang dinamai Raspbian, Raspbian mampu memaksimalkan perangkat Raspbarry PI. Sistem operasi tersebut dibuat berbasis Debian yang merupakan salah satu distribusi Linux OS.

2). Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan Raspbarry PI

      A. Sebagai Komputer Desktop Mini
      B. Sebagai File Server
      C. Sebagai Download Server
      D. Sebagai Access Point
      E. Sebagai Server DNS
      F. Sebagai Multi Media Player

      Beberapa hal yang disebutkan diatas adalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan oleh Raspbarry PI. Lebih lengkapnya bisa search di www.youtube.com

3). OS Yang Bisa Dipakai Di Raspbarry PI

      Raspbarry PI mempunya sistem operasi yang semuanya itu adalah berbasis Linux yang memiliki sifat open source, antara lain :

  • Arch Linux Arm
  • Debian GNU Linux
  • Gentoo
  • Fedora
  • Free BSD
  • Net BSD
  • Plan 9
  • RISC OS
  • Slackware Linux
  • Raspbian OS
4). Kelebihan Dan Kekurangan Raspbarry PI

      A. Kelebihan Raspbarry PI

           Kelebihan utama Raspbarry PI adalah ia dapat melakukan segala hal yang dapat dilakukan oleh komputer/laptop dengan sistem operasi Linux. Misalnya, membuat server, membuat program dengan dengan berbagai macam bahasa, terutama bahasa tingkat tinggi seperti Python. Untuk fungsi sehari-hari, Raspbarry dapat menjalankan sistem operasi berbasis GUI, sehingga dapat menggunakannya untuk melakukan pekerjaan  standart seperti browsing, mendengarkan musik, nonton film, main game, mengetik, dll. Untuk penggunaan tingkat lanjut, Raspbarry PI hampir tidak memiliki batasan. Banyak sekali kemungkinan pengembangan aplikasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Raspbarry PI.
           Raspbarry PI seakan menggantikan fungsi komputer, tapi dalam bentuk  mini. Raspbarry PI bisa desamakan dengan sebuah komputer mini. Anda dapat menjalankan sistem operasi lengkap, seperti Linux dan Android pada Raspbarry PI. Anda juga dapat membuat program pada sistem operasi tersebut yang dapat mengontrol fungsi sistem dan pin general purpose input output yang tersedia. Raspbarry PI didesain untuk digunakan pada level yang lebih tinggi. Dengan perangkat keras yang telah terintegrasi yang bisa digunakan untuk mengatur peralatan seperti ethernet, video, audio processing, jumlah RAM yang besar dan jumlah penyimpanan yang hampir tak terbatas.
           Raspbarry PI berjalan menggunakan sistem operasi open source, Linux. Raspbarry PI juga dapat dihubungkan dengan monitor komputer biasa, dan tambahan port untuk menghubungkannya dengan mouse dan keyboard. Dan untuk penyimpanan data, Raspbarry PI tidak menggunakan harddisk namun Raspbarry PI dapat menggunakan SD Card untuk menyimpan data, baik itu data Operating System ataupun untuk media penyimpanan data jangka panjang. Dengan memanfaatkan teknologi SoC (system on chip), Raspbarry PI berjalan di atas arsitektur ARM11 seperti yang dapat ditemui pada iPhone 3G maupun smartphone lainnya dan dilengkapi dengan videocore 4 GPU yang mampu memutar video dengan kualitas BluRay

     B. Kekurangan Raspbarry PI
       
          Raspbarry PI dapat membaca sensor digital secara langsung, akan tetapi Raspbarry PI tidak bisa langsung dihubungkan dengan sensor analog. Raspbarry PI yang menggunakan sistem operasi dan SD card yang memerlukan prosedur khusus ketika ingin mematikannya. Jadi harus di-ShutDown sebagaimana komputer pada umumnya.
          Raspbarry PI mungkin akan terdapat sedikit lambat karena karnel Linux pada sistem operasi Raspbarry PI memiliki fungsi prioritas proses seperti yang dimiliki oleh semua sistem operasi. Karnel Linux harus menangani banyak proses dengan prioritas yang ditentukan, sehingga proses menggerakkan lengan akan lebih lambat.


Itulah artikel penjelasan tentang Raspbarry PI yang admin telah paparkan. Dan karena ini adalah tugas kuliah maka admin sudah membuat Makalahnya terlebih dahulu. Mungkin ada minat bisa langsung download filenya.

Download makalah tentang Raspbarry PI klik disini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »